5 Makanan Pengganti Nasi yang Minim Gula Tapi Kaya Karbohidrat. Bikin Kenyang dan Lebih Sehat

Makanan pengganti nasi adalah makanan alternatif yang dijadikan menu pokok yang berasal dari sayuran, buah, atau biji-bijian. Misalnya pisang sebagai buah pengganti nasi. Baru-baru ini, makanan pengganti nasi untuk diet kerap diburu karena dinilai lebih sehat, lantaran kandungan gizinya yang setara dengan nasi putih tapi rendah kalori. Selain itu, makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes pun sering dikonsumsi karena minim kadar gula.

Sebenarnya nasi putih pun bergizi. Hanya saja, kandungan nutrisinya nggak sebanyak makanan alternatif. Bila nasi putih dikonsumsi berlebihan, dapat memicu sindrom metabolik yang rentan menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Nggak heran beberapa orang  mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung atau makanan pengganti nasi untuk penderita gagal ginjal. Soalnya lebih kaya nutrisi dan sesuai dengan kondisi kesehatan.

Kalau kamu bosan makan nasi, boleh lo sesekali mengonsumsi makanan pengganti. Selain sehat dan kaya karbohidrat, rasanya pun nggak kalah nikmat. Nah, berikut ini daftar makanannya!

1. olahan kentang

Mengandung vitamin B6, vitamin C, kalium, protein, zat besi, dan omega 3, satu buah kentang sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Banyak pegiat diet mengonsumsi kentang karena bikin kenyang lebih lama. Namun nggak sedikit orang menyantap kentang sebagai makanan pengganti nasi untuk menambah berat badan lo. Kentang mampu meningkatkan simpanan glikogen otot.

2. olahan ubi jalar

Cukup tenar di kalangan vegan, ubi jalar adalah makanan pengganti nasi di malam hari dengan serat tinggi, beta-karoten, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, kalium, dan tanpa lemak. Dengan kandungan indeks glikemik rendah, ubi jalar juga menjadi makanan pengganti nasi untuk ibu hamil yang menyehatkan. Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Sedap.

3. singkong

Familiar sejak zaman dulu, singkong telah dikonsumsi orang Indonesia sebelum nasi putih menjadi makanan pokok seperti sekarang. Mengandung gizi yang mirip dengan kentang, kini singkong digunakan sebagai makanan alternatif. Bagi kamu yang pengin jajal, bisa mengolah singkong jadi makanan tradisional seperti sawut, getuk, atau kue talam. Nggak cuma bergizi, rasanya pun dijamin enak.

4. jagung

Sebagai pengganti nasi, ternyata jagung memiliki kandungan lain yang bagus untuk tubuh. Nggak cuma karbohidrat, jagung memberikan nutrisi magnesium, fosfor, serat vitamin C, vitain B3, vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B9. Yakin nih nggak mau jadikan jagung sebagai makanan utama.

5. gandum utuh (oats)

Terbuat dari gandum utuh, aotmeal terdiri dari karbohidrat, viatamin, mineral, dan antioksidan. Sebelum diolah, gandum mentah tersusun dari 66 % karbohidrat dan 11 % serat. Dengan semua kandungan itu, gandum dapat menurunkan gula darah dan kolesterol. Nggak heran kalau gandum menjadi makanan pengganti nasi untuk orang sakit diabetes.

Itulah Makanan Pengganti Nasi yang Minim Gula Tapi Kaya Karbohidrat. Bikin Kenyang dan Lebih Sehat yang dapat kabarkobar.com rangkum untuk anda. Semoga menambah wawasan anda mengenai kesehatan. Nantikan artikel lainnya yang akan kami sajikan untuk anda stay terus bersama kami yaaa..

sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *