Dari Hobi Fotografi Menjadi Pekerjaan

Fotografi merupakan kegiatan menghasilkan gambar dari suatu objek dengan menggunakan alat yang paling populer adalah kamera. Kini banyak orang yang menjadikan fotografi sebagai hobi, bahkan sudah menjadi gaya hidup.

Dengan berkembangnya teknologi dan munculnya sosial media, kebutuhan akan foto meningkat. Hal ini dapat menjadi peluang bagi orang yang memiliki hobi fotografi untuk menghasilkan uang.

Awal mula menjadi seorang fotografer

Seorang fotografer Bali yang bisa dipanggil Bli Agus menekuni dunia fotografi sejak masih duduk di bangku SMA dan fotografi menjadi hobinya mulai saat itu.

Dia melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan desain grafis, dimana mata kuliah fotografi dimanfaatkannya untuk memperdalam ilmu fotografinya.

Dengan bekal ilmu fotografi yang dimiliki, selama kuliah dia mencoba menghasilkan uang dengan bekerja sebagai desain grafis. Di sana dia dapat mempraktekan ilmu fotografinya sekaligus mendapatkan ilmu baru tentang fotografi.

Pada tahun 2006 Bli Agus mulai bekerja sebagai fotografer, dimana pada saat itu dia masih bekerja dengan orang. Selama bekerja dia mulai mendalami ilmu foto wedding, prewedding, fashion, dan model. Saat ini dia sudah memiliki usaha fotografernya sendiri

Suka duka menjadi seorang fotografer

Selama menjalani profesinya sebagai fotografer dia juga pernah mengalami kendala, seperti cuaca mendung atau hujan saat akan melakukan foto pre-wedding, yang akhirnya proses foto tidak dapat dilakukan. Sehingga ada beberapa klien yang ingin mengulang kembali mengambil foto, biasanya ini dapat dilakukan berdasarkan kesepakatan antara Bli Agus dan si klien. 

Berbeda dengan foto wedding yang dimana fotografer tetap melakukan proses foto karena proses wedding tidak dapat diulang.

Kondisi usaha fotografer di masa pandemi

Selama pandemi covid-19 ini banyak usaha-usaha yang mengalami kerugian secara ekonomi, hal ini juga dirasakan oleh Bli Agus sebagai fotografer.

Sebagai seorang fotografer yang terkena dampak covid-19, beberapa klien Bli Agus melakukan cancel atau reschedule yang tentunya ini merugikan Bli Agus.

Selain itu di masa pandemi ini sulit untuk seorang fotografer mendapatkan klien karena penyebaran virus corona yang cepat dan adanya protokol kesehatan yang harus dipatuhi.

Usaha yang dilakukan dalam menghadapi pandemi

Dalam menghadapi covid-19 agar tetap produkif Bli Agus mencoba melakukan sedekah foto untuk usaha-usaha yang membutuhkan jasa foto. Dia memberikan jasa fotonya untuk pengusaha makanan, atau make-up artis, atau usaha-usaha lainnya yang membutuhkan jasa foto. Tentunya hasil yang didapatkan tidak sebanyak yang didapat seperti sebelum masa pandemi, tapi menurut dia hal ini dapat memberikan dampak baik untuk kedepannya.

Buat temen-temen yang membutuhkan atau tertarik dengan jasa fotografi Bli Agus dapat menghubungi +6285237202934 atau instagramnya @agus_photography

Itu dia pemaparan tentang “dari hobi fotografi menjadi pekerjaan” dari kabarkobar. Semoga dapat mendambah wawasan anda. Nantikan artikel yang kami akan kami sajikan untuk anda stay terus bersama kami yaa…

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Dari Hobi Fotografi Menjadi Pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *